Minggu, 30 September 2018

Design Ruangan Rumah Agar Tidak Terlihat Sempit

Design Ruangan Rumah Agar Tidak Terlihat Sempit

Tentunya kalian semua memiliki rumah idaman yang nyaman,indah dan luas pastinya, agar bisa menampung keluarga besar dirumah. Tapi apa daya, kita melihat kemampuan kita, hanya bisa membuat istana tempat beristirahat dengan sederhana,dan tidak begitu luas. Saat berpapasan didalam ruangan rumah rasanya ingin bertabrakan malkum karena rumah yang kecil dan atau bahkan karena berat badan yang berlebih . Namun kalian jangan khawatir dan jangan bingung, menyimpan barang-barang rumah yang banyak dan tempat untuk menyimpannya begitu sempit,bahkan dirasa udah kehabisan tempat untuk menyimpannya.

Nah ,ini gunanya ada design . Tenang saja buat kalian-kalian yang memiliki rumah yang tidak begitu luas dan terkesan sempit, disini kalian akan menemukan solusinya agar rumah yang kecil bisa terlihat luas dan menarik. Bagaimna caranya, coba anda simak trik design dibawah ini :

1. Jangan Letakan Furniture Mepet Didinding


Telah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang dalam menata furnitur, menggeser furnitur ke dinding rumah telah dipercaya sebagai metode untuk memberikan ruang lapang bagi rumah kecil. Persepsi ini tidaklah sepenuhnya benar. Jika kamu memiliki sofa di ruang tamu yang kecil, geser sedikit sofa dari dinding, berikan celah untuk bernafas, hingga ketika ada cahaya yang masuk, akan timbul bayangan dari sofa. Bayangan tersebut menciptakan ilusi persepsi ruangan lebih besar dalam rumah kecil.

2. Memanfaatkan Cermin Didinding


Jika kamu berkunjung ke rumah makan atau toko perbelanjaan dengan ruangan sempit, perhatikan sekeliling dinding ruangan tersebut. Pemilik toko memasangkan cermin pada sekeliling ruangan tersebut untuk menciptakan kesan ruangan yang besar. Trik cermin ini juga dapat diaplikasikan pada rumah kecil.

Pada ruangan yang cukup sempit, gantung beberapa cermin berukuran sedang bersebelahan. Kreasikan bingkai cermin menjadi warna seragam untuk mempercantik dekor ruangan, untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari aslinya.

3. Warna Cerah Untuk Dinding


Kamu pasti sudah sangat sering mendengar atau membaca tentang bagaimana warna warna cat rumah yang cerah membuat ruangan atau rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang. Cara klasik ini bekerja dengan efektif. Para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya untuk diaplikasikan pada ruangan atau rumah kecil.

Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat rumah kecil semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.

4. Furniture Multifungsi Sebagai Solusi


Meletakkan lemari kecil dan meja di ruang sempit pada rumah kecil malah akan membuat rumah kecil terasa penuh dan sesak. Mengapa tidak menggunakan meja berlaci atau kabinet multifungsi yang dapat difungsikan sebagai lemari bersamaan? Saat ini, meja multifungsi tersedia banyak di pasaran dengan harga bervariasi.

Dengan memanfaatkan furniture multifungsi, kamu telah menghemat ruang pada rumah kecil yang kamu huni. Jika kamar tidur sempit dan kamu membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, beli kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan.

Ada juga meja kantor yang memiliki lemari penyimpanan, seperti meja belajar anak-anak, tapi kapasitas penyimpanannya dapat kamu manfaatkan untuk membuat rumah kecil kamu terasa besar.

5. Karpet Motif Pola Untuk Tampilan Ruangan Lebih Luas


Jika belum memiliki karpet untuk rumah kecil dan berencana berbelanja karpet, beli karpet dengan motif pola berulang yang kecil. Karpet dengan motif pola berulang kecil akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Letakkan karpet di bawah meja ruang tamu. Alaskan karpet dengan motif berpola berulang yang berbeda pada furnitur lain di rumah kecil kamu seperti di bawah tempat tidur, sofa, dan lemari. Ini merupakan trik ilusi mata untuk membuat rumah kecil terlihat luas, tidak sesak, dan terlihat cerah.


2 komentar: